Modul 3

Applikasi Enkripsi

Saat ini sudah banyak program enkripsi/dekripsi yang tersedia, baik program itu gratis untuk dipakai atau tidak.Program enkripsi yang popular diantara adalah sebagai berikut.

1. PGP

PGP (Pretty Good Privacy) adalah pro­gram enkripsi untuk email dan file yang amat populer. Program ini su-dah digunakan secara luas di kalangean pengguna di rumah tangga.

Teknologi enkripsi PGP amat piawai sehingga membuat pen-ciptanya, Philip Zimmerman, ‘kege-rahan’ karena disidik oleh pemerin-tah Amerika Serikat selama tiga ta-hun sebagai pelaku perbuatan krimi-nal. Agaknya pemerintah AS melihat peluncuran PGP sebagai pelanggaran terhadap undang-undang ekspor AS yang memperlakukan ekspor tekno­logi enkripsi sebagai perbuatan yang mirip dengan menjual senjata ke luar negeri. Pemerintah AS akhirnya menutup kasus ini pada tahun 1996.

Kini, dengan versi 7.0.3-nya, PGP merupakan salah satu alat enkripsi yang terbaik, dan tetap gratis. Pada saat diinstal, PGP akan masuk ke aplikasi email seperti Outlook, Out­look Express, Eudora, dan Lotus Notes. Pengguna klien email yang didukung oleh PGP akan menjumpai

Jika integrasi dengan program email belum cukup, PGP juga terintegrasi dengan baik dengan Windows se­hingga anda dengan mudah dapat mengenkripsi file. Anda cukup mengklik-kanan pada folder file yang akan anda enkripsi. Sebuah menu PGP akan anda jumpai di antara menu-menu lain pada kotak menu yang muncul.

PGP menggunakan key pair system untuk mengenkripsi dan mendekripsi file. Kunci (key) yang satu bersifat pribadi (private) sedangkan yang lain umum (public). Pendekatan ini ber-asal dari pengertian umum mengenai Public Key Infrastructure. Agar dapatberkomunikasi secara aman dengan pengguna komputer lain, anda saling bertukar public key sehingga dapat mengenkripsi dan mendekripsi file atau email yang dikirimkan. PGP ju­ga memungkinkan anda menanda-tangani (sign) file yang dienkripsi un-tuk memastikan bahwa file itu berasal dari orang yang mengaku mengjrim-kannya. Kunci (key) memainkan pe-ranan penting dalam pengamanan komunikasi dan PGP mempunyai pe-rangkat yang memungkinkan anda mengelola kunci-kunci itu—anda da-pat membuat dan menghapus kunci, memperbarui nama dan alamat yang berkaitan dengan kunci anda dan banyak yang lainnya.

Selain itu, PGP juga mempunyai fi-tur pengamanan lain yang diberi na­ma Wipe. Saat menghapus (delete) sebuah file pada hard disk, anda dapat menggeretnya ke Recycle Bin dan walaupun anda langsung mengosong-kannya, file itu tetap dapat diambil kembali oleh orang yang mempunyai pengetahuan dasar mengenai cara penyimpanan file. Dengan menggu-nakan perangkat Wipe pada PGP, anda secara permanen dapat meng-hancurkan informasi yang sensitif.

Akhirnya, fitur keamanan PGP masih dilengkapi dengan fitur pengaman komunikasi lewat ICQ.

2. EasyCrypto Deluxe

Perangkat enkripsi stand-alone lain­nya adalah EasyCrypto Deluxe. Pe-angkat ini sedikit lebih mudah peng-gunaannya dibandingkan Abi Coder. Dan, berbeda dengan PGP, EasyCryp­to adalah sistem dengan satu kunci (single key system) sehingga tidak dapat digunakan untuk mengenkripsi file yang akan dikirimkan ke orang lain. Perangkat ini lebih cocok untuk mengamankan file pribadi di PC anda sendiri. EasyCrypto Deluxe juga ter-integrasi pada menu context-sensitive di Windows sehingga dapat lebih mu­dah diakses dan memungkinkan anda mengenkripsi beberapa file dan folder dengan mudah.

Pelengkap lain yang bermanfaat ada-lah window “Did you know…” pada bagian atas antar-muka (interface). Di sini anda dapat membaca tip praktis mengenai cara penggunaan program itu, selain nasihat mengenai cara mem-buat dan menggunakan kata sandi (password) dan masih banyak lagi.

3. Mooseoft Encryptor

Mooseoft Encryptor adalah perangkat enkripsi stand-alone lainnya yang amat mudah digunakan. Jika anda pernah menggunakan program Win-Zip yang amat populer itu, maka an­da akan langsung terbiasa dengan an-tar muka Mooseoft Encryptor. Ikon yang berjejer di bagian atas merupa-kan akses untuk fungsi-fungsi seperti Encrypt, Add Files, Remove Files, Add Directory dan lainnya. Selain itu, an­da juga dapat menjumpai tab perin-tah di bawah ikon-ikon ini untuk De­crypt, Enkcrypt dan Wipe. Dengan semua fasilitas ini maka antar muka Encryptor menjadi mudah digunakan karena anda dengan gampang dapat menemukan file dan folder untuk dienkripsi dan dekripsi.

Untuk membantu anda menemukan kata sandi yang baik, Encryptor mem-punyai pembuat kata sandi yang da-pat membuatkan kata sandi secara acak untuk anda.

4. PowerCrypt 2000

Yang selanjutnya adalah PowerCrypt 2000. Tidak seperti kebanyakan perangkat enkripsi yang dibahas di sini, PowerCrypt menggunakan algoritma enkripsi yang relatif tidak dikenal dari GNU license library yang ber-nama Zlib. Antar mukanya pun tidak terlalu mudah digunakan dan juga tidak dapat diatur ukurannya.

Enkripsi adalah ilmu yang relatif be-lum banyak diketahui para pengguna komputer padahal banyak pembuat perangkat enkripsi terlalu sering mengasumsikan bahwa pengguna perangkat lunak mereka mengetahui ilmu ini. File Hel yang baik sebenar-nya akan banyak membantu peng­guna dalam menggunakan program semacam ini, tetapi hal ini tidak dapat dijumpai pada PowerCrypt 2000.

5. Kryptel

Jika anda biasa bekerja dengan cara drag and drop maka Kryptel barang-kali sesuai dengan selera anda. Sete-lah diinstal, anda dapat mengenkripsi file dan folder hanya dengan memi-lihnya dan menggeretnya ke ikon Kryptel di Desktop anda. Anda akan diminta memasukkan key pass phrase (ingat, makin panjang frasa-nya makin baik), lalu Kryptel akan mulai melakukan enkripsi.

File-file yang dienkripsi ditempatkan pada file enkripsi Kryptel yang dapat anda klik ganda atau buka lewat browser Kryptel. Ketika membuka file yang dienkripsi, anda akan di­minta memasukkan pass phrase yang anda gunakan ketika mengenkripsi file itu. Kryptel kemudian akan memperlihatkan file yang ada di dalamnya mirip seperti pada Windows Explorer, lengkap dengan struktur foldernya. Anda kemudian dapat menambahkan file-file lain ke dalam file enkripsi itu, di samping meng-ubah nama, menghapus, mendekripsi dan lain-lain.

Kryptel adalah perangkat yang elegan dan mudah digunakan sehingga ideal untuk mereka yang ingin menggu­nakan perangkat enkripsi yang sederhana dan tidak membuat pusing.

Sumber

1.      http://mahmudiimam.wordpress.com/2009/02/09/kriptografi-untuk-perlindungan-data/